Saturday, May 03, 2008

Menulis Indah dengan Latex

Rachmad Resmiyanto


LATEX merupakan sistem pengolah dokumen yang sangat nyaman untuk menghasilkan dokumen ilmiah dan matematis dengan mutu tipografis yang tinggi. Latex juga nyaman untuk menghasilkan dokumen-dokumen yang lain, mulai dari surat yang sederhana sampai sebuah buku yang lengkap. Versi Latex sekarang adalah LaTeX2e yang diciptakan oleh Leslie Lamport. Latex menggunakan dasar Tex (diciptakan oleh Prof. Donald E. Knuth) sebagai mesin formattingnya.


TEX adalah sebuah program komputer yang diciptakan oleh Prof. Donald E. Knuth. Pada awalnya program ini ditujukan sebagai pengolah dokumen teks dan persamaan matematika (namun demikian, saat ini Latex dapat digunakan untuk menulis not balok, huruf arab, huruf Cina dll.). Knuth memulai menulis TEX pada 1977 untuk menjajaki potensi peralatan printing digital yang saat itu mulai merambah industri percetakan, khususnya dengan harapan dapat mengubah tren mutu tipografis yang sering terklihat dalam buku dan artikel saat itu. TEX yang kita gunakan sampai saat ini dirilis pada 1982, beberapa tampilan ditambahkan pada 1989 untuk mendukung karakter 8-bit dan multi bahasa.

LATEX dapat dijalankan dalam multi platform, dari PC (windows), Mac sampai sistem besar seperti UNIX dan VMS. Anda bisa mendapatkan segala informasi tentang Latex dengan mengunjungi situs Comprehensive TEX Archive Network (CTAN) di http://www.ctan.org.

Bentuk pengucapan LATEX adalah “Lay-tech” atau “Lah-tech”. Jika LATEX ditulis dalam kode ASCII, maka sebaiknya anda mengetiknya sebagai “LaTeX”. LATEX2E diucapkan sebagai “Lay-tech two e” dan ditulis “LaTeX2e”.

LaTeX distribusi Windows

Secara umum, Latex biasanya telah terlampir dalam distribusi Linux. Bagi pengguna Windows, untuk dapat menggunakan Latex Anda dapat menggunakan beberapa distribusi Tex yang ada seperti MikTex. Anda hanya perlu mengunduhnya (download), lalu memasangnya di PC anda (install). anda dapat menulis doumen Latex di sebarang program pengolah kata seperti Notepad, Wordpad atau MS Word. Tetapi, untuk lebih mudah dalam penulisan naskah, maka Anda sebaiknya menggunakan TeXnicCenter untuk menyunting naskah sehingga tag-tag LaTeX dapat terbedakan dengan muatan naskah Anda. Untuk membaca hasil pdf-nya Anda juga perlu Pdf reader seperti Acrobat Reader atau Foxit Reader.

Keunggulan LaTeX

Jika Anda sering bekerja dengan naskah-naskah yang memuat banyak sekali persamaan matematika, gambar atau tabel maka LaTeX sangat cocok ntuk Anda. Kenapa? Pertama, komputer Anda dijamin tidak akan hang karena banyaknya persamaan-persamaan yang harus diolah. Anda Bandingkan saja misalnya dengan MS Word, hampir dipastikan komputer Anda akan mengalami hang. Demikian juga untuk gambar. Kedua, kerja Anda akan sangat terbantu seandainya ditengah jalan ternyata Anda perlu menyisipkan atau mengubah urutan persamaan, gambar dan tebel tersebut. Bayangkan jika Ada 100 persamaan matematika, kemudian Anda sisipkan 10 persamaan lagi, maka Anda pasti akan repot sekali melakukan referensi silang terhadap persamaan-persamaan tersebut. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan LAteX, sebab referensi silang akan diatur sendiri oleh Latex.

Ketiga, hasil naskah akan terlihat lebih rapi dengan tingkat mutu seperti naskah hasil percetakan, ini akan berbeda apabila naskah Anda diolah dengan pengolah dokumen seperti MS Word atau Open Office. Keempat, naskah-naskah Anda tidak akan diserang oleh virus yang lazim menyerang naskah-naskah berekstensi *.doc.

Anyway, jika Anda berada di Yogyakarta dan ingin belajar LaTEx, Anda dapat menghubungi saya untuk menyalin keping CD distribusi MikTex dan beberapa program yang berkaitan. Dengan senang hati, saya akan membantu Anda.

2 comments:

  1. Boleh nih.

    Mohon bimbingannya, Guru.

    Saya sedang di deket Jogja.

    Bisa membantu?

    Terima kasih:-)

    ReplyDelete
  2. Pak, saya punya Latek di Pear Os...tapi gak tahu cara pake nya...

    ReplyDelete