Friday, August 14, 2009

Beberapa tawaran gagasan untuk diajukan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu program DIKTI yang bertujuan untuk melatih mahasiswa dan meningkatkan kecakapannya dalam penelitian, kewirausahaan, pengabdian masyarakat dan penerapan teknologi. DIKTI akan melakukan seleksi proposal-proposal mahasiswa yang layak untuk didanai. Besar hibah yang diberikan sangat besar untuk ukran mahasiswa, yakni berkisar 5-6 juta rupiah. Lazimnya, bulan Agustus atau September merupakan bulan pengumpulan proposal ke DIKTI melalui universitas masing-masing. Lima bulan berikutnya, proposal-proposal yang laik jalan akan diumumkan dan mendapatkan dana untuk implementasi. Sayang, jika kesempatan ini dilewatkan begitu saja oleh para mahasiswa. Saya percaya, mahasiswa selamanya adalah orang-orang yang penuh tenaga.



Berikut ini merupakan beberapa tawaran gagasan dari saya untuk diajukan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun pengajuan 2009 ini.



  1. Kajian kefektifan program pemerintah BOS buku (BSE, Buku Sekolah Elektronik) – PKM Penelitian
  2. Kajian Budaya Facebook di kalangan mahasiswa dan pelajar Yogyakarta – PKM Penelitian
  3. Kajian Budaya Pengemis di Kota Yogyakarta – PKM Penelitian (kelompok Suci Barakah)
  4. Pelatihan PhET untuk MGMP Fisika SMA di Kab. Bantul – PKM Pengabdian (kelompok Nuriyati)
  5. CD interaktif untuk guru-guru fisika – PKM Pengabdian
  6. Simulasi fisika dengan Easy Java Simulation (EJS) – PKM Penelitian
  7. Pengaruh kurikulum terhadap buku-buku ajar fisika SMA (Kajian dampak perubahan kurikulum dilihat dari buku-buku ajar fisika SMA) – PKM Penelitian
  8. Kajian Etnografi cara mengajar guru fisika – PKM Penelitian
  9. Kajian terhadap Lembaga Bimbingan Belajar – PKM Penelitian
  10. Pembuatan simulasi fisika dengan Flash – PKM Penelitian
Untuk dapat turut sert dalam PKM, yang diperlukan bukanlah IPK tinggi, melainkan semangat, tekad dan keberanian untuk mencoba. Jangan bangga sebagai mahasiswa jika tak berani mencoba dengan hal-hal macam begini.

Kita dapat berkomunikasi via surat: rachmadresmi@yahoo.com atau telepon genggam. Anda dapat bertanya nomor saya ke teman Anda.

No comments:

Post a Comment