Saturday, March 14, 2015

Rencana Buku: Teori Moneter Madzhab Yogya

Sekapur Sirih
Judul buku: Teori Moneter Madzhab Yogya: Mengungkap Apa yang Terjadi pada Uang Kita


 Saya mengembangkan rumusan model moneter dalam buku ini berangkat dari kias gas ideal dalam fisika. Acapkali saya menyebutnya sebagai model moneter gas ideal. Namun, ijinkan saya untuk akhirnya menyebut ia sebagai teori moneter madzhab Yogya. Sebagai sebuah model, buku ini sangat terbuka untuk kita diskusikan bersama. Tanggapan dan kritik akan turut menambah kesempurnaan model ini.

Dengan segenap kerendahan hati, saya mempersilakan pembaca untuk menguji model moneter ini. Apakah ia dapat disejajarkan dengan teori kuantitas uang klasik ala Fisher, madzhab Cambridge atau rumusannya Keynes? Saya persilakan pembaca untuk menjawabnya usai membaca buku ini.


Model moneter ini dapat digunakan untuk mengurai banyak persoalan moneter dalam 2 abad ini. Jika teori-teori yang lain tidak dapat meramalkan bagaimana sebaran kekayaan di masyarakat, model ini dengan sangat baik meramalkannya. Bahkan model ini menyingkap siapa sebenarnya yang menguasai kekayaan masyarakat. Model ini juga membuktikan kebenaran ucapan Milton Friedman bahwa inflasi selalu terjadi di mana saja dan kapan saja. Model ini juga sukses menyingkap misteri Depresi Besar 1930-an dengan uraian yang sederhana. Ia juga dapat memberi penjelasan mengapa ada siklus bisnis yang menjadi hantu perekonomian negara. Pada saat yang sama, ia juga menawarkan jalan keluar yang terang.

Dalam konteks yang lebih luas, model ini telah mengantarkan saya pada perang semesta antara Allah dan Rasul-Nya terhadap pelaku riba. Saya akhirnya juga memahami visi jaman yang sudah diungkapkan dalam kalimat-kalimat agung para leluhur, suk bakal tekan jaman pasar ilang kumandhange, kali ilang kedhunge. Sistem moneter kita dengan segenap jebakan-jebakan ribanya juga telah membangkitkan ingatan saya pada formasi Chakrawyuha yang digunakan Kurawa dalam perang Bharatayudha sebagaimana dibabarkan dalam wiracarita Mahabarata.

Ini hanyalah karya sederhana. Mulanya, buku ini merupakan tugas akhir saya di pascasarjana fisika UGM. Saya bahagia berada di bawah asuhan pembimbing Dr. M.F. Rosyid. Saya beruntung didampingi perempuan gunung yang istimewa, Rochmaniyah binti Tarhadi.

Seribu satu puji untuk Allah Yang Mahatinggi. Seribu satu salam untuk Muhammad Shallallahu 'alaihi wa salam. Semoga ini menjadi karya yang barakah.

6 comments:

  1. referensi keren banget nih
    http://youseewhy.blog.dinus.ac.id/2016/09/14/mata-kuliah-sistem-informasi-akuntansi/

    ReplyDelete
  2. http://student.blog.dinus.ac.id/sekolahbisnisterbaikdiindonesia/2017/09/19/sekolah-bisnis-terbaik-di-indonesia/
    http://student.blog.dinus.ac.id/sekolahbisnisterbaikdiindonesia/2017/09/20/universitas-swasta-terbaik-2016-versi-dikti/
    http://student.blog.dinus.ac.id/sekolahbisnisterbaikdiindonesia/2017/09/21/daftar-sekolah-bisnis/
    http://student.blog.dinus.ac.id/sekolahbisnisterbaikdiindonesia/2017/09/22/universitas-jurusan-manajemen-akreditasi-a/

    ReplyDelete