Friday, July 16, 2010

Seputar Penelitian Pendidikan Sains: Sebuah Buku

Oleh Rachmad Resmiyanto

Ada sebuah buku kecil tentang tanya jawab seputar penelitian pendidikan sains. Buku ini ringkas dan bagus.  Dan yang penting, buku ini gratis. Anda bisa mengunduhnya dengan cuma-cuma. Buku ini dapat diprint seperti layaknya sebuah buku cetakan.

Buku ini ditulis oleh Yanti Herlanti, seorang magister pendidikan dari Jurusan Pendidikan IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Buku ini relatif baru, berangka tahun 2006.



Herlanti, penulis buku ini, bilang bahwa buku ini berisikan pertanyaan-pertanyaan yang sering menjadi permasalahan dalam penelitian pendidikan khususnya sains. Buku ini disajikan dengan membahas penelitian pendidikan sains dari sisi ontologi, epistimologi, maupun aksiologinya.

Herlanti telah bikin struktur bab yang rapi di buku ini. Pada bab awal disajikan kajian ontologi dan epistimologi dari pendidikan sains dan penelitian pendidikan sains. Bab kedua merupakan bab yang berkaitan dengan metodologi penelitian yang sering menjadi pertanyaan para mahasiswa. Bab tiga berkaitan dengan analisis data yang terkait dengan berbagai uji-uji statistik yang biasanya digunakan dalam penelitian pendidikan. Bab empat berisi tips dan lebih dari 50 contoh judul penelitian pendidikan sains, yang diharapkan menjadi sumber inspirasi bagi Anda yang membutuhkan judul penelitian.

Berikut ini merupakan pertanyaan-pertanyaan yang hendak dijawab dalam buku ini.
  1. Apa bedanya penelitian sains dan penelitian pendidikan sains
  2. Hal apa saja yang bisa diteliti dalam pendidikan sains?
  3. Apa perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif?
  4. Apa saja jenis-jenis penelitian pendidikan?
  5. Bagaimana cara menentukan jenis penelitian yang akan kita pilih?
  6. Apa yang dimaksud dengan penelitian tindak kelas (PTK)?
  7. Apakah desain penelitian harus selalu dicantumkan dalam proposal atau laporan penelitian?
  8. Jika kita mengambil dua kelas dari 10 kelas dua yang ada di sebuah SMP, maka nama teknik pengambilan sampelnya apa?
  9. Berapa jumlah sampel yang harus diambil untuk mendapatkan data yang representatif?
  10. Apa guna instrumen dalam penelitian?
  11. Jika kita ingin melihat hasil belajar siswa, instrumen apa yang tepat? 
  12. Apakah nilai rapor merupakan instrumen penelitian? 
  13. Apakah instrumen harus senantiasa diuji validitas dan reliabilitasnya?
  14. Saya ingin melakukan penelitian terhadap seorang guru yang menjadi favorit siswa dalam mengajarkan sains, instrumen apa saja yang harus disiapkan?
  15. Instrumen apa yang dapat digunakan untuk penelitian yang bersifat kualitatif?
  16. Bagaimana bentuk penelitian kualitatif dalam pendidikan sains?
  17. Dalam analisis data sering disebutkan variabel bebas dan variabel terikat. Apa maksudnya?
  18. Bagaimana cara menentukan uji statistik yang tepat?
  19. Apa bedanya antara uji beda T, Wilcoxon, dan U Mann Whitney?
  20. Apa yang disebut dengan normal gain?
  21. Jika kita ingin melihat ada atau tidak perbedaan rata-rata dari 3 kelompok uji apa yang digunakan? Contohnya kita ingin mengetahui adakah perbedaan sikap siswa MI, MTS, dan MA terhadap Sains?
  22. Apa bedanya uji Momen Pearson dengan Spearman?
  23. Untuk mengukur apakah uji regresi?
Buku ini ditutup dengan aneka contoh judul-judul penelitian pendidikan sains. Ini buku yang menarik. Saya rasa buku ini perlu Anda baca. Apabila Anda mahasiswa pendidikan fisika (dan atau pendidikan sains, pendidikan biologi, pendidikan matematika), calon guru, atau bahkan guru sains (fisika, kimia, matematika, biologi), saya merekomendasikan buku ini. Cobalah untuk menikmati suguhan Herlanti di buku ini.


Unduh/download buku di sini:
http://www.4shared.com/document/ENtu74-j/tanya-jawab-seputar-penelitian.html

2 comments:

  1. link file-nya sdh tidak ada di 4share, mohon berkenan mengirimkan ke email saya. seminarump@gmail.com. terima kasih

    ReplyDelete