Wednesday, May 04, 2011

Aplikasi Quran dan Terjemahnya buat Handphone

Untuk waktu yang cukup lama, mulai dari Februari 2011 hingga Awal Mei 2011, saban ada kesempatan saya sering melakukan pencarian beberapa aplikasi buat handphone.

Aplikasi yang sering saya cari adalah Quran dan terjemahnya. Baik yang berbentuk audio maupun yang visual. Beberapa kali saya mengunduh dari GetJar, tapi selalu gagal tiap kali hendak install di handphone.

Satu ketika saya berhasil memasang aplikasi Quran 1.0 karya amarmechai [at] yahoo.fr. Saya gembira bukan main. Huruf-huruf ayat dapat terbaca jelas di layar HP. Satu Quran penuh semuanya dapat tertampung. Ukurannya hanya kecil saja, sekira 1 megabyte.  Sayangnya, Quran ini tak dilengkapi dengan terjemah dalam bahasa.


Kali lain, saya mendapatkan aplikasi quran dan terjemahnya, tapi gagal ketika diinstall. Berkali-kali saya coba, tetap gagal. Untuk Terjemah Quran dalam format audio ternyata sudah tersedia keping CD-nya. Kita tinggal beli saja, harganya relatif murah ketimbang kita merekam sendiri suara kita. Bayangkan saja ada 6000-an ayat dan kita baca satu demi satu, direkam satu demi satu. Ini akan memakan waktu. Sebelumnya, saya pernah mencoba mengunduh terjemah Quran format audio ini, tetapi sangat melelahkan. Syukurlah sudah ada yang menjual dalam keping CD.

Alhamdulillah 'alaa kulli haal, hari ini saya mendapatkan aplikasi Quran dan terjemahnya, utuh satu mushaf. Ukurannya sekira setengah megabyte saja. Tiap ayat diikuti oleh terjemahnya langsung. Ini sangat menyenangkan.

Download file aplikasi Quran dan terjemah untuk handphone: http://rachmadresmi.files.wordpress.com/2011/04/tafsir.jpg
[Petunjuk: setelah diunduh, buka dengan Winzip/Winrar/7-Zip/sejenisnya lalu ekstrak, file yang diinstall di HP adalah tafsir.jar]

Warungboto-Yogya,
Rabu Pahing 30 Jumadil 'Ula 1432 tahun hijrah nabi/ 04 Mei 2011

1 comment:

  1. Artikel yang menarik. Ditunggu tulisan berikutnya.
    Salam hangat dari Jogja :)

    Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia
    http://fis.uii.ac.id/

    ReplyDelete