Saturday, May 07, 2011

Template MS Word Skripsi Pendidikan Fisika UAD

Oleh Rachmad Resmiyanto

Courtesy by Google
Satu tahun silam, sekira awal Februari 2010, saya mendapatkan buku pedoman penulisan skripsi FKIP UAD yang ditulis oleh Jabrohim, Sarwadi dan Bustami Subhan. Saya dapat 10  Februari. Saya mendapatkan buku ini lewat Siti Nurjanah, ibu tata usaha prodi Pendidikan Fisika UAD. Buku pedoman ini berangka tahun 2003.

Semester itu, mahasiswa yang berada dalam bimbingan perwalian saya banyak yang mulai ambil skripsi. Mereka angkatan 2006. Saya dengar, aturan baru mengharuskan saya, selaku dosen wali, melakukan fungsi sebagai pintu gerbang seluruh skripsi mahasiswa bimbingan saya. Untuk itulah saya merasa perlu baca teliti pedoman penulisan skripsi.

Seusai membaca seluruh aturan yang termaktub dalam pedoman, saya coba bikin template skripsi dalam MS Word. Semangatnya satu, biar mahasiswa saya mudah dalam menulis. Mahasiswa tidak perlu direpotkan terhadap aturan teknis tata tulis sehingga bisa lebih konsentrasi ke substansi skripsi yang ditulis. Template ini juga bermaksud untuk bikin rapi skripsi mahasiswa. Saya coba cek beberapa skripsi yang dikemas dalam keping CD koleksi prodi, ternyata untuk membacanya kita masih perlu berusaha dengan keras. Skripsi masih ditulis dengan format yang kurang teratur. Template ini datang buat itu. Template ini berusaha untuk merapikannya.


Template ini masih versi 1. Daftar pustaka belum saya selesaikan. Saya akan senang jika ada masukan atau koreksi, jangan-jangan saya salah menafsirkan aturan dalam pedoman. Beberapa kali saya baca, ada beberapa bagian yang memang bikin saya bingung. Misalnya, pengetikan bab dan subbab menggunakan angka arab (hal. 16), tetapi pada bagian lain dinyatakan bahwa penomoran isi karangan menggunakan tipografi angka-huruf, artinya bab ditulis dengan huruf kapital dan subbab dengan angka arab (halaman 18).

Template ini mudah digunakan. Hanya perlu ditekan 2 kali maka template sudah siap digunakan sebgai babon skripsi. Silakan dicoba. Saya menunggu koreksinya. Dengan sedikit perubahan, maka template ini bisa digunakan untuk prodi-prodi yang lain di lingkungan FKIP UAD.

Semoga bermanfaat. Tabik.

Download file template skripsi pendidikan fisika:
  1. MS Word versi 2003 http://rachmadresmi.files.wordpress.com/2011/05/template-skripsi-pendidikan-fisika-universitas-ahmad-dahlan-v2003.doc
  2. MS Word versi 2007 http://rachmadresmi.files.wordpress.com/2011/05/template-skripsi-pendidikan-fisika-universitas-ahmad-dahlan-v2007.docx

Warungboto,
Sabtu Kliwon, 3 Jumadil Tsani 1432 tahun hijrah nabi (07 Mei 2011)

4 comments:

  1. Artikel yang menarik. Ditunggu tulisan berikutnya.
    Salam hangat dari Jogja :)

    Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia
    http://fis.uii.ac.id/

    ReplyDelete
  2. yang versi 2010 kog belum ada pak? hi....

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah..sangat membantu saya.

    ReplyDelete