Wednesday, May 06, 2009

Pusat Studi Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan

Rachmad Resmiyanto

Pagi ini, 7 Mei 2009, Harian Kedaulatan Rakyat mengabarkan bahwa satu pusat studi baru telah berdiri di tanah Yogya.

Yogyakarta adalah kota pendidikan. Di tanah inilah, Ki Hadjar Dewantoro lahir, besar dan melakukan perlawanan terhadap Belanda dengan mengepakkan sayap-sayap pendidikan. Tak jauh dari tempat Ki Hadjar membina kaum Bumiputera di Taman Siswa, KH Ahmad Dahlan sebelumnya juga sudah melakukan pemberdayaan masyarakat, umat Islam, lewat jalur pendidikan. Bendera keduanya berbeda. Ki Hadjar mengibarkan bendera Taman Siswa dengan pakem ideologi nasionalisme. KH Ahmad Dahlan menumbuhkan sekolah-sekolah Bumiputera di bawah naungan organisasi Muhammadiyah, pakemnya adalah pendidikan Islam. Di Yogyakartalah, ide-ide besar bagaimana mencerdaskan kehidupan bangsa disemai.



Pada 1 April 2009, Jumat harinya, seusai shalat Isya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan mentahbiskan lahirnya pusat studi baru yang akan bergerak di ranah pendidikan, namanya Pusat Studi Pendidikan. Dalam almanak hijriyah, hari itu berbilang 06 Jumadil Ula 1430 H. Saat itulah Pusat Studi Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan lahir.

Pusat Studi ini lebih merupakan gerakan kultural ketimbang struktural. Hanya saja ia mendapat restu dari Dekan FKIP untuk tumbuh dan berkembang. Ada 5 orang yang akan menjadi pegiat utama di pusat studi ini, yakni R Muhammad Ali (ketua) dan Muh, Joko Susilo, Ani Susanti, Uswatun Khasanah dan Rachmad Resmiyanto. Saya hanyalah pelengkap di sana, orang tua bilang, pupuk bawang.

But, anyway,
saya menjadi berminat pada kajian-kajian, wacana dan isu-isu pendidikan setelah bergabung di Pendidikan Fisika. Ah, ini pasti akan menjadi candu juga bagi saya. Semoga. Bismillah.


Liputan Kedaulatan Rakyat 7 Mei 2009 tentang lahirnya Pusat Studi Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan.

2 comments:

  1. Selamat, atas lahirnya PSP UAD

    ReplyDelete
  2. Apa membahas juga Kingdom Ke 3 yaitu Manusia, saya menulsikan dalam salah satu ebook saya SIAPA ANDA di http://www.dodi-k.blogspot.com

    ReplyDelete