Tuesday, November 03, 2009

Dunia hanya butuh empat warna

Rachmad Resmiyanto

Dengan berapa warna peta seluruh negara di dunia dapat diwarnai?

Empat. Pada tahun 1976 masalah 4-warna sudah terselesaikan. Selama lebih dari 100 tahun, banyak matematikawan yang telah mencoba demi membuktikan sebuah pernyataan sederhana: Empat warna dibutuhkan untuk mewarnai setiap peta pada permukaan sebuah bidang.


Demi pencarian atas jawaban ini, matematikawan besar macam Heawood, Kempe, dan Birkhoff membangun cabang baru yakni teori graf (graph theory) yang sekarang digunakan dalam menyusun rute penerbangan.

Pada 1975 sekelompok ilmuwan di Universitas Illinois menggunakan 360 komputer IBM untuk membuktikan konjektur 4-warna. Metode yang digunakan telah melibatkan lebih dari 1500 konfigurasi.

Sangat menakjubkan ketika bukti lengkap dari pernyataan sederhana tersebut ternyata terdiri dari ratusan halaman, perhitungan yang sangat panjang dan sangat tidak mungkin jika tidak dilakukan dengan komputer.



Ini merupakan tantangan bagi ilmuwan-ilmuwan muda yang penuh semangat untuk mencari bukti yang ringkas dan luwes.

Dunia ini kian benderang tatkala ada manusia-manusia yang rela menysisihkan waktunya apalagi mendarmabaktikan hidupnya dalam ilmu. Selagi masih ada rasa ingin tahu yang terus dipupuk, dunia akan makin terang.

Pustaka:
Milewski, E.G., 1994, The Topology Problem Solver, New Jersey USA

No comments:

Post a Comment