Saturday, January 09, 2010

Tips Biar Koneksi Modem Kian Cepat

Acapkali aku merasa jengah dengan koneksi modem. Ini sering bikin aku merasa jengkel. Sesekali cepat, tapi kadang kemudian melambat. Aku menggunakan modem merk ZTE dengan model MF636 HSUPA. Kartunya Telkomsel Flash.

Awal-awal aku turut berlangganan, koneksi saat itu amat 'lemot' sekali. Benar-benar bikin sebel. Dalam pekan pertama berlangganan, rasanya aku sudah ingin mencabut akunku. Untung saja, aku tahu keudian bahwa saat-saat itu memang koneksi sedang down, bukan hanya milik akunku, tapi untuk seluruh jaringan. Aku cukup terhibur.

Malam ini, iseng-iseng, aku buka Kaskus, laman ngobrol paling besar di negeri ini. Aku mengenal Kaskus, belum lama ini, lewat teman aku kuliah Qidir. Ia punya akun di sana. Tiap kali buka laptop di kampus, koneksi hotspotan, Kaskus selalu dijenguk mesti barang sebentar. Di depanku, ia bercerita betapa jenaka dan unik postingan di Kaskus. Ini bikin penasaran.

Di Kaskus, kita akan mengenal kosakata 'prokem' ala kaskus. Bila ada postingan bagus, peserta lain akan bilang terimakasih ala kaskus, nais inpo gan (nice info gan). Bagi yang pertama kali bisa ngasih komentar dalam suatu postingan, ia akan bangga sebab ia berhasil menjadi 'pertamax', maksudnya pertama kali. Peserta yang memposting selalu berharap mendapatkan cendol, ini merupakan simbol potingan bermutu ala kaskus. Bahasa di Kaskus sungguh egaliter. Tiap peserta dipanggil 'gan', dari kata juragan.

Malam ini, aku buka kaskus, selagi besuk hari Ahad, tak ada ujian akhir semester. Tak kusangka, aku dapat info bermanfaat dan mustajab. Bagaimana tips biar koneksi modem kita kian cepat. Buzz...buzz...burr...

Langkahnya adalah:

  1. buka Device Manager (klik kanan My Computer - Properties - Hardware)
  2. pilih Port
  3. pada COM6 dan COM8 (komputer lain mungkin berbeda) klik 2 kali
  4. pada Port Setting, bikin “Bits per second” ganti menjadi 128000 dan “Flow control” ganti menjadi Hardware
  5. klik OK dan lihat hasilnya.
Dan benar, koneksi modem aku jadi kian kenceng. Senang rasanya melihat koneksi yang kencang. Nais inpo gan.

1 comment: