Tuesday, April 14, 2009

Bunga rampai Jurnal Ekonofisika

Rachmad Resmiyanto

- Ekonofisika merupakan pertemuan 2 arus besar ilmu pengetahuan, perjumpaan antara ilmu yang mempelajari pola perilaku alam semesta dan ilmu yang mempelajari tabiat manusia dalam mengurus rumah tangganya -
Saya sedang berusaha untuk merebut kembali diri saya untuk bisa menikmati masa-masa meniti jalan sunyi seperti ketika menyelesaikan skripsi tempo hari. Bagi saya, seolah jalan sunyi itu menjadi candu (silakan baca: Jalan sunyi menyelesaikan skripsi ekonofisika). Akhirnya, beberapa usaha untuk mencuri-curi waktu menuju ke sana saya lakukan. Hasilnya, sebuah bunga rampai jurnal ekonofisika. Saya memilih dan memilah dari jurnal-jurnal yang berserakan di laptop. Saya buka satu per satu, saya pelototi, baca sekilas dan sesekali keterusan membaca sampai habis beberapa jurnal utuh. Masih banyak paper yang belum terbaca habis, belum tersortir dan masih berserakan.

Ambisi besar saya untuk tesis S2 ialah bisa membahas model perniagaan yang berbasis bunga dan tanpa bunga. Saya banting stir di sini. Ketika S1, saya membahas tentang pasar saham. Ini kegiatan di bidang keuangan (finance). Sekarang, saya memutusakan untuk berkutat di bidang ekonominya. Ah, saya sudah tak sabar untuk segera melenggang duduk mendengar kuliah demi kuliah di gedung tua bekas Konferensi Colombo itu.

  1. An economic analogy to thermodynamics – Wayne M. Saslow
  2. Statistical mechanics of money – Adrian A. Dragulescu dan Victor M. Yakovenko
  3. Statistical Mechanics of money: how saving propensity affects its distribution – Anirban Chakraborti and Bikas K. Chakrabarti
  4. A Self-organising model of market with single commodity – Anirban Chakraborti, Srutarshi Pradhan dan Bikas K. chakrabarti
  5. Evidence of the exponential distribution of income in the USA – Adrian Dragulescu dan Victor Yakovenko
  6. A Simple Model of bank bankrupties – Agata Aleksiejuk dan Janusz A. Holyst
  7. Exponential and Power-law probability distributions of wealth and income in the United Kingdom and the United States - Adrian A. Dragulescu dan Victor M. Yakovenko
  8. Statistical Mechanics of Money - A. Dragulescu dan V.M. Yakovenko
  9. Statistical Mechanics of Money - A. Dragulescu dan V.M. Yakovenko (versi presentasi)
  10. Ideal Gas-Like Distributions in Economics: Effects of Saving Propensity – Bikas K. Chakrabarti dan Arnab Chatterjee
  11. Money in Gas-Like Markets: Gibbs and Pareto Laws – Arnab Chatterjee dan Bikas K. Chakrabarti
  12. Gibbs versus non-Gibbs distributions in money dynamics – Marco Patriarca, Anirban Chakraborti dan Kimmo Kaski
  13. Research in Econophysics – Victor M. Yakovenko
  14. Dynamics of Money and Income Distributions – Przemyslaw Repetowicz, Stefan Hutzler, Peter Richmond
  15. How the rich get richer – Anita Mehta, A.S. Majumdar dan J.M. Luck
  16. Analizing money distributions in “ideal gas” model of markets – Arnab Chatterjee, Bikas K. Chakrabarti dan Robin B. Stinchcombe
  17. Money Exchange Model and a general outlook – Abhijit Kar Gupta
  18. Influence of saving propensity on the power law tail of wealth distribution – Marco Patriarca, Anirban Chakraborti, Guido Germano
  19. A physicist’s attempt to model wealth distribution in economics systems – Anirban Chakraborti (versi presentasi)
  20. Dynamics process of money transfer models – Yougui Wang (versi presentasi)
  21. How Required Reserve Ratio affects Distribution and Velocity of Money – Ning Xi, Ning Ding, Yougui Wang
  22. Master equation for kinetic model of trading market and its analytic solution – Arnab Chatterjee, bikas K. Chakrabarti, Robin B. Stinchcombe
  23. Role of selective interaction in wealth distribution – Abhijit Kar Gupta
  24. Kinetic market models with single commodity having price fluctuations – Arnab Chatterjee, Bikas K. Chakrabarti
  25. Models of Wealth distributions: a perspective - Abhijit Kar Gupta
  26. Detailed simulation results for some wealth distribution models in Econophysics - K. Bhattacharya, G. Mukherjee, S.S. Manna
  27. Generic features of the wealth distribution in ideal-gas-like markets – P.K. Mohanty
  28. Kinetic market models with single commodity having price fluctuations – Arnab Chatterjee dan Bikas K. Chakrabarti
  29. Economics needs a scientific revolution – JP Bouchaud
  30. On the Financial Crisis 2008 from a Physicist’s viewpoint: A spin glass interpretation – U. Krey

3 comments:

  1. Saya tidak pernah bisa menyembunyikan kekaguman saya pada anda. Seseorang yang selalu fokus dan bersungguh-sungguh dengan mimpi-mimpinya. Saya rasa, dunia ilmu pengetahuan, membutuhkan sosok seperti anda..
    Jangan menyerah ataupun terlena, karena cahaya yang kita cari kadang bisa menyilaukan mata. Ilmu kita semata hanya untuk menuju kebenaranNya..
    Sukses selalu..

    ReplyDelete
  2. Mbak Dinda, ah, janganlah kau berkata seperti itu, saya jadi tersipu. Seringkali, saya merasa bahwa saya ini seperti folder kosong, dari luar terlihat ada isinya, tapi setelah di klik, baru ketahuan kalau tidak isinya. But, anyway, terimakasih sudah mampir ke laman saya ini.

    ReplyDelete
  3. Pak bagaimana menurut anda untuk membuat judul skripsi ekonofisika untuk analisis pasar valuta asing atau forex?

    ReplyDelete