Sunday, January 30, 2011

Analisis Pohon Keputusan

Rachmad Resmiyanto

Dalam banyak permasalahan, kesempatan atau peluang memainkan peran yang penting. Analisis keputusan merupakan istilah untuk teknik dalam menganalisis permasalahan yang mengandung risiko, ketidakpastian atau peluang. Pohon keputusan merupakan teknik khusus dalam analisis keputusan.


Dengan menggunakan diagram pohon keputusan, maka logika dan proses pengambilan keputusan dapat ditelusuri. Artinya, gambaran yang diberikan dalam diagram keputusan tersebut mudah dipahami, dapat dikaji ulang, proses dan logika pembuatan keputusan dapat diikuti dengan seksama.

Komponen utama dalam diagram pohon keputusan meliputi simpul-simpul dan cabang-cabang. Adapun simpul dibedakan menjadi 3 yaitu simpul keputusan (kotak), simpul peluang atau kesempatan (lingkaran) dan simpul terminal (bulat).

Simpul keputusan mencerminkan alternatif-altenatif atau pilihan-pilihan keputusan yang bisa diambil oleh perusahaan. Simpul peluang melambangkan keadaan-keadaan yang mungkin terjadi dari alternatif keputusan tersebut. Sedangkan simpul terminal merupakan akhir dari lintasan proses keputusan.

2 comments:

  1. Kami juga mempunyai artikel yang terkait dengan decision tree, bisa di download disini:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2240/1/01-02-013.pdf
    semoga bermanfaat :D

    ReplyDelete
  2. ijin share ilmu pohon keputusan yg pernah saya pelajari di http://nugikkool.blogspot.co.id/2012/08/pohon-keputusan-id3-dan-c45-menggunakan.html
    juga ada implementasi program pohon keputusan di php, perhitungan manual, penjelasan pruning, dll. semoga bermanfaat.

    ReplyDelete