Tuesday, April 26, 2011

Cara Mengembalikan Grub Setelah Install Ulang Windows

Saya beberapa kali melakukan install ulang Windows. Karena saya menggunakan dual boot, Windows 7 dan Ubuntu Karmic Koala, maka tentu saja ini menjadi pekerjaan yang bikin repot. Windows memang kurang kuat daya tahannya terhadap serangan virus. Inilah yang bikin repot, sering install ulang.

Awalnya, tiap kali saya install ulang Windows, saya mesti install ulang juga Ubuntu. Padahal banyak fitur Ubuntu yang sudah saya pasang. Belum lagi masang repo buat si Karmic. Aih aih, ini memang pekerjaan yang bikin repot. Saya mesti meluangkan waktu barang sehari dua hari buat mengerjakan ini.

Saya pernah mencoba usai menginstall Windows coba memperbaiki Grub di Ubuntu. Gagal. Ya sudah, saya install ulang Ubuntu Karmic. Anggap saja sedang melatih ketelatenan dan kesabaran.

Hari ini, Selasa Wage, 22 Jumadil 'Ula 1432 tahun Hijrah Nabi (26 April 2011), saya gembira. Saya berhasil mencoba memperbaik Grub di Karmic (Ubuntu 9.10) saya. Langkahnya amat singkat, sederhana sekali.

  1. Lakukan booting dengan Live Cd atau Live USB
  2. Lakukan mounting partisi Linuxnya. Saya melakukannya dengan klik Tab System - Administration - Disk Utility. Untuk melakukan mounting pilih partisi Linuxnya dan klik Edit-Mount



  3. Panggil Terminal dan ketik perintah berikut:
    sudo grub-install --root-directory=/media/xxxxxxxxxxxxxxxx /dev/sda
     huruf-huruf "xxxxxxxxxxxxxxxx" silakan diganti dengan label partisi yang sudah dimounting tadi.
  4. Restart komputer. Komputer kita tidak akan bisa masuk ke Windows. Tak usah khawatir.
  5. Masuk ke Ubuntu komputer dan mutakhirkan Grub dengan mengetik perintah ke dalam terminal:
    sudo update-grub
  6. Tara.. Selesai.
Silakan mencoba seperti langkah saya. Semoga  tak ada kendala.



Warungboto Yogya
Selasa Wage, 22 Jumadil 'Ula 1432 tahun Hijrah Nabi (26 April 2011)

1 comment: