Monday, December 21, 2009

Menulis LaTeX di Blogspot

$\left(- \frac{\hbar^2}{2m} \frac{d^2}{dx^2} + V(x)\right) \psi(x,t) = i \hbar \frac{\partial}{\partial t}\psi(x,t)$


Dalam dunia karya tulis ilmiah, Latex merupakan primadona. Banyak jurnal-jurnal ilmiah internasional yang mencantumkan syarat, article must be written in latex format, artikel wajib ditulis dalam format latex. Mulai jurnal ilmiah untuk disiplin ilmu alam sampai disiplin ilmu sosial.

Latex menjadi amat powerfull ketika kita bekerja menggunakan banyak sekali formula matematika, banyak tabel dan banyak gambar. Sekali kita menulis artikel dengan latex, maka ketika tulisan yang sama ingin kita ubah menjadi format buku, ini akan mudah sekali dan mengasyikkan. Kita tidak perlu gelisah dengan persoalan bab, sub bab, daftar isi, atau daftar referensi. Kita juga tidak akan dipusingkan dengan penomoran rumus, tabel dan gambar. Pendek kata, Latex merupakan andalan kalau ingin menulis ilmiah.

Lalu, bagaimana jika kita ingin menulis formula latex dalam postingan blog macam blogspot ini? Tak usah khawatir, ini bukan perkara yang rumit. Ikuti saja beberapa langkah ini, Anda langsung dapat menikmati keindahan hasil latex macam persamaan Schrodinger di atas, yakni,

kode latex:


$\left(- \frac{\hbar^2}{2m} \frac{d^2}{dx^2} + V(x)\right) \psi(x,t) = i \hbar \frac{\partial}{\partial t}\psi(x,t)$

hasil tayangan:
$\left(- \frac{\hbar^2}{2m} \frac{d^2}{dx^2} + V(x)\right) \psi(x,t) = i \hbar \frac{\partial}{\partial t}\psi(x,t)$.
Langkah-langkahnya:

  1. Log in ke dashboard akun blogspot Anda
  2. Klik Layout
  3. Klik Add a Gadget pada sembarang tempat. Pilih gadget HTML/JavaScript

  4. Kosongkan judulnya, salin kode berikut:





    <script src="http://www.watchmath.com/cgi-bin/mathtex3.js" type="text/javascript"></script> <script type="text/javascript"> replaceMath( document.body );</script>





  5. Simpan perubahannya.
  6. Untuk menulis rumus latex dalam setiap postingan, maka gunakan tanda $ untuk mengapit kode latexnya, jadi Anda cukup menulis $rumus latex$ tanpa perlu dalam mode Edit Html.
Selamat mencoba menulis Latex di blogspot. Postingan Anda pasti makin cantik dengan tayangan formula latex. Aku yakin itu.

1 comment: